Kami menerima tulisan, artikel, laporan kegiatan dan saran-saran untuk dipublikasikan ke blog Pdt. Pahala J. Simanjuntak,MTh dengan mengirim e-mail ke: psh06simanjuntak@yahoo.com .

08 Mei 2008

Gotong-royonh Ibu PKK Seminarium Sipoholon

Oleh : Pdt. Pahala J. Simanjuntak, MTh.

Memperbaiki jalan sebagai sarana tranportasi bagi masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Paling tidak dengan membersihkan selokan-selokan dan membersihkan rumput yang tumbuh di ruas jalan serta menutupi lobang di sekitar jalan. Alangkah bahayanya keinginan seseorang tidak terkabul ketika bermaksud mengunjungi satu desa karena tidak didukung jalan yang baik.

Tersedianya sebuah jalan merupakan langkah utama dalam menarik simpati para pengunjung ke desa tersebut. Prinsip tersebut yang menjadi pedoman para ibu PKK (Program Kesejahteraan Keluarga) desa Simanungkalit Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara. Seusai melaksanakan tugasnya dari sawah/ladang dan dari kesibukan sehari-hari 15 orang anggota PKK ini secara bersama-sama mengadakan gotong royong untuk memperbaiki jalan sekitar seminari Sipoholon.
DSCI0635.JPG

Kegiatan terpuji ini berlangsung pada hari Senin tanggal 5 Mei 2008. Kegiatan ini terlaksana atas kesadaran dan tanggungjawab sebagai anggota PKK. Sebab salah satu program kerja PKK dalam tahun ini adalah memperbaiki jalan ke desa Simanungkalit. Ketua Tim PKK desa Simanungkalit, Ny-T Simanungkalit-br. Simamora (ibu Kepala Desa Simanungkalit) mengajak anggotanya untuk ikut dalam aksi gotong royong ini. Sekalipun tidak semua anggota PKK ambil bagian karena alasan kesibukan. Perbaikan jalan ini dilakukan serangkaian dengan terpilihnya desa Simanungkalit menjadi desa percontohan tingkat kabupaten Tapanuli Utara. Penilaian ini akan diadakan pada hari Rabu 13 Mei 2008 oleh Tim Penilai dari Kabupaten Tap. Utara. Jalan ke Seminarium Sipoholon adalah jalan utama memasuki desa Simanungkalit yang sering dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Sehingga keadaan jalan ini selalu rusak dan harus tetap diperhatikan. Maka dengan diadakannya perbaikan jalan oleh ibu-ibu PKK ini, maka lalu lintas angkutan kota dan mobil pribadi dapat melintas dengan tidak terhalang.

DSCI0636.JPGPenduduk desa Simanungkalit sangat ramah dengan kehadiran para tamunya. Hal ini terbukti ketika kegiatan-kegiatan besar diadakan di seminarium Sipoholon milik gereja HKBP ini. Sebab di tempat ini diadakan berbagai kegiatan seperti Synode Godang HKBP, Rapat Pendeta HKBP, Seminar tingkat Nasional dan gerejawi serta Kebaktian Raya. Hal ini juga memotivasi ibu PKK menata jalan ini. Ditambah . "Angka na burju do jolma di huta Simanungkalit on" Demikian juga dengan makanan khas dari desa ini yang selalu dicari setiap pengunjung yakni SENDOR (cendol) Sipoholon. Bila dibandingkan dengan rasa sendor di tempat lain, sendor Sipoholon masih nomor satu dalam hal rasa. Setiap orang yang datang ke desa Simanungkalit tidak bisdengan pengakuan para peserta kegiatan seperti disebutkan di atasa melupakan sendor panas ini. Sebab menurut sejarahnya pembuat sendor di Tapanuli utara justru lahir dari desa Simanungkalit.

Bagaimana dengan kehidupan masyarakat? Menurut Camat Sipoholon Drs M. Siregar kehidupan masyarakat di desa Simanungkalit rata-rata adalah petani dan sebagian kecil PNS dan swasta. Petani Simanungkalit menurut Camat Sipoholon ini adalah manusia yang rajin bekerja. Sehingga anak-anak mereka sudah banyak yang berhasil. Beberapa orang yang berhasil dari desa ini selalu memberikan perhatiannya kepada penduduk dan membangun sarana dan prasarana pendukung. Termasuk perhatian untuk pembangunan gereja HKBP Simanungkalit. Mereka adalah adalah Bindu Simanungkalit, Panangian Simanungkalit, Pdt. Banggas Simanungkalit, Pdt. Abiden Simanungkalit dan lain-lain. Tentu hal ini juga memotivasi para ibu PKK untuk memperbaiki jalan ini. Adapun jalan yang diperbaiki oleh ibu-ibu PKK ini adalah sepanjang jalan Seminarium hingga ke pasar Sirongit. Semua orang yang melintas di jalan ini memuji prakarsa dari ibu-ibu desa yang baik hati ini. Menurut pengakuan seorang anggota PKK yang ikut dalam kegiatan ini bahwa selain dalam rangka desa percontohan perbaikan jalan ini dilaksanakan juga sehubungan dengan diadakannya 3 kegiatan besar di Seminarium Sipoholon. Yakni Youth Camp (Perkemahan Pemuda) HKBP bulan Juni, Konprensi guru-guru se-HKBP yang direncanakan bulan Juli serta Synode Godang HKBP tanggal 1-7 September 2008.

DSCI0638.jpg

Kegiatan gotong royong ini dimulai pukul 15 .00 wib dan berakhir jam 18.00 wib. Semua anggota PKK ini pulang ke rumah masing-masing dengan sukacita sambil membawa peralatan gotong royong.

Terimakasih ibu-ibu PKK desa Simanungkalit yang baik hati.

Tidak ada komentar: