Kami menerima tulisan, artikel, laporan kegiatan dan saran-saran untuk dipublikasikan ke blog Pdt. Pahala J. Simanjuntak,MTh dengan mengirim e-mail ke: psh06simanjuntak@yahoo.com .

03 September 2008

Sekolah Pendeta HKBP awali Tahun Ajaran 2008/2009

Oleh : Pdt. Pahala J. Simanjuntak, MTh.

Tak terasa satu bulan telah berlalu dari masa liburan semester sekolah Pendeta HKBP 2007/20087 Seminarium Sipoholon. Waktu libur tersebut dipergunakan untuk bertemu bersama dengan keluarga masing-masing. Yang lainnya mengambil kesempatan untuk praktek lapangan di gereja-gereja asal. Kini mahasiswa telah memulai perkuliahan kembali di Tingkat/Semester III/V TA 2008/2009. Mengawali kuliah ini sebagaimana biasa ditandai dengan Kuliah Umum yang berlangsung pada hari Selasa, 4 Agustus 2008. Satu hari sebelumnya telah diadakan teken kontrak mata kuliah dengan dosen: dengan melunasi kewajiban administrasi menyangkut uang asrama dan uang kuliah semester. Kuliah Umum ini akan menghantar mahasiswa kepada satu topik pembahasan dalam satu semester ke depan. Adapun topik Kuliah umum kali ini adalah UEM dan Pelayanan JPIC. Hadir sebagai penceramah adalah Ir. Eliakim Sitorus. MSi tenaga fulltimer (Organizer Program) JPIC di UEM Asia . Penyajian yang singkat padat dan jelas dengan menggunakan LCD/power point ini membuat mahasiswa terlibat dalam diskusi hangat. Bagaimana gereja menyikapi maraknya pengrusakan lingkungan hidup, pencemaran, global warming, serta keadilan dan perdamaian yang mulai diabaikan segelintir orang. Apa dan bagaimana, siapa dan mengapa semua hal itu terjadi? Tentu tidak tuntas dalam pertemuan selama 3 jam ini. Selanjutnya, jawaban akan digumuli/dibahas oleh mahasiswa dalam penyajian seminar Dogmatika dan Etika di ruang Kuliah di semester V ini.


Selama kuliah umum berjalan nampak mahasiswa dengan serius dan tekun menerima pemaparan pak Sitorus yang dulunya bergerak di bidag LSM, konsultan hingga diangkat sebagai Konsultan di JPIC UEM Asia berkeduduksan di Medan . Tanya jawabpun berlangsung antara mahasiswa dengan pembicara dimoderatori oleh Pdt. Pahala J. Simanjuntak. Sekalipun dalam awal penyampaiannya pak Sitorus merngaku tidak ada pengalaman mengajar namun selama berlangsung Kuliah tak ubahnya Pak Sitorus sebagai seorang guru besar. Beliau adalah warga jemaat HKBP Sarjana Pertanian dan melanjutkan studi Pasca Sarjana di Universitas Satyawacana Salatiga jurusan Sosiologi Agama.


Dari 40 orang jumlah Mahasiswa Sekolah Pendeta HKBP, yang hadir dalam kuliah umum ini sebanyak 37 orang. Tiga orang diantaranya (Ganda M Tambunan, Aren Toni Situmorang dan Nelson Sirait) tidak dapat hadir dikarenakan belum masuk asrama. Ketiga mahasiswa ini selanjutnya akan berurusan ke bagian kemahasiswaan untuk diminta alasan kenapa tidak hadir dalam Kuliah Umum yang sangat berharga ini.
Kuliah umum berakhir dengan sukacita, koor pujipuan menandai selesainya kuliah umum selama 3 jam. Setelah photo bersama dilanjutkan dengan makan siang. Kemudian Mahasiswa melambaikan tangan untuk memberangkatkan Pak Sitorus kembali ke Medan.


Thanks Pak Sitorus! Kemesraan ini janganlah cepat berlalu. GBU

Tidak ada komentar: